Cari Blog Ini

Rabu, 05 Desember 2012

5 Usaha/Bisnis yang Paling Digemari dan yang Kurang Digemari Di Aceh



Bisnis-Bisnis Favorit Masyarakat Aceh

  1. Warung Kopi Internet (WiFi Cafe)

Tidak perlu dipertanyakan lagi kenapa bisnis ini menjadi favorit nomor satu di Aceh, coba tanyakan saja pada siapa saja apa bisnis yang paling digemari di Aceh, sebagian besar pasti menjawab dengan tubuh mengeluarkan api dan petir sambil berteriak "Waruuunngg Koooppiiii".. :O Masyarakat Aceh dikenal sebagai masyarakat yang sangat gemar minum kopi dan nongkrong diwarkop terutama yang ada fasilitas WiFi (internet drastis)-nya (termasuk penulis). bahkan ada yang sampai berjam-jam! (tidak termasuk penulis). walau akses internetnya terkadang lamban karna harus dibagi2 dengan pengguna lain yang bejibun, bahkan ada yang dengan biadabnya mendownload file berukuran besar dengan IDM tanpa memikirkan keselamatan jiwanya andai kata ketahuan (halah). pengunjung warkop akan slalu ada dan ramai dikunjungi khususnya anak2 muda dengan berbagai tujuan seperti buat tugas (kebanyakan cuma alasan), sekedar nongkrong, temenin pacar, dsb..Aceh adalah daerah dengan jumlah warung kopi terbanyak didunia, bahkan sudah banyak warkop2 yang sebesar hotel.. ;O 

Contoh Kape Wipi

     2. Kios Rokok dan Bensin

Coba perhatikan dijalanan2, hampir disetiap ada trotoar, tiang listrik, pasti ada kios rokok n bensinnya (disamping sampah dan sapi). sipenjual menjual banyak barang walaupun pengunjung hanya mampir untuk membeli rokok atau bensin saja (barang lain nyaris tak tersentuh). kurang begitu jelas penyebab menjamurnya kios2 rokok di Aceh. namun menurut saya pribadi, banyaknya peminat bisnis ini karena bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar, skill, pendidikan atau fusik yang baik. cukup kemampuan jual-beli saja. saya perhatikan juga, rata-rata pemilik kios rokok adalah orang yang suka bermalas-malasan, tidak suka bekerja keras, hanya ingin duduk didalam kios berjam2 dari buka hingga tutup menunggu pembeli. memang tidak semuanyaa.. tapi kebanyakan seperti itu, cb deh diperhatiin..

karena penjelasannya negatif bukan bearti kita bisa nyalahin bapak ini y?


     3. Toko HP dan Pulsa

Toko HP, pulsa dan servis juga sudah mulai banyak di kota Banda Aceh saja. belum daerah lain. bisnis ini menjadi daya tarik karena handphone dan pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok di era gombalisasi saat ini.. (buat gebet cewek)..



     4. Exploitator/Agen Pengemis

g tau apa bahasa resminya, sebut saja exploitator karena pekerjaannya mengeksploitasi orang2 miskin dan cacat untuk menjadi pengemis. ini merupakan fenomena perkotaan saat ini. perhatikan saja betapa banyaknya pengemis dikota ini. setiap kali saya lg nangkring diwarkop, aya pernah menghitung ada sekitar sebelas pengemis yang keluar masuk stiap x saya nongkrong (belum seharian). dan semuanya orang yang berbeda. saya malas memberi mereka sedekah bukan karna saya pelit (alasan), namun karna uang tersebut bukan untuk mereka melainkan untuk si Boss atau makelar. dan mereka hanya mendapatkan sebagian saja. inilah fenomena saat ini karena semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan khususnya untuk penyandang cacat dan tuna pndidikan.







     5. Warung Nasi

Warung Nasi, kasusnya hampir sama dengan warung kopi karena jumlahnya yang terus bertambah stiap harinya. hanya saja yang dijual adalah nasi (yaiyalaahhhh!!).. apakah karna masyarakat Aceh gemar memasak atau karena masyarakat doyan makan diwarung (biasanya anak kos). bisnis ini terus tumbuh berkembbang seiring dengan perkembangan zaman dan pertambahan jumlah penduduk dan masyarakat masa kini yang menginkan segalanya cepat saji..


Warnas, salah satu usaha terkaporit hampir distiap daerah


nah itu tadi dia bisnis-bisnis yang menjadi trend di Aceh saat ini, sekarang kita telaah bisnis yang kurang populer di Aceh.. yuk kita simak.. ;)


      1. Book Store (bahasa Indonesianya Toko Buku)

Sepertinya tidak perlu dipertanyakan, perhatikan saja setiap toko buku didaerah ini pasti sangat sepi pengunjung, hanya beberapa kalangan saja yang datang seperti Nerd (org yg emang kutu pemakan buku (freak)), pelajar dan mahasiswa (itupun karna disuruh beli sama guru/dosennya). hal ini disebabkan oleh masih rendahnya minat baca masyarakat Aceh (termasuk penulis). berbeda dengan daerah lain yang toko bukunya selalu penuh. Dijamin toko Buku ternama akan menghindari daerah ini sebagai target market selanjutnya, karna TARGET MARKETNYA emang g ada!!!



      2. Book Rent (bahasa Indonesianya Rental Buku dan Komik :D yeeeyy)

Tempat ini menyewakan buku2 seperti Novel, Komik, Ensiklopedia, dsb. namun kasusnya sama seperti toko buku, kebanyakan langsung tutup pada 2 bulan pertama usahanya karena tidak kunjung dikunjungi. bisnis ini sepi peminat karna masih rendahnya minat baca masyarakat (termasuk penulis -_____-").



      3.  Membuat dan Menjual Kerajinan Tangan

Tempat yang menjual hasil2 kerajinan tangan dapat dihitung dengan jari. sangat disayangkan karna daerah kita ini menyandang jargon "Bandar Wisata (yang katanya) Islami" yang seharusnya kaya dengan kerajinan2 khas dari daerah masing2. hal ini disebabkan karena masih sepinya pembeli/peminat produk kerajinan karena minimnya persepsi masyarakan tentang seni (termasuk penulis T.T), berbeda dengan daerah lain yang kaya akan kerajinan dan seninya yang dibudidayakan dan dikelola dengan baik.



      4. Pengumpul Reptil (Reptil Hunter Jia'omenggeuh)

Didaerah Jawa sana, bisnis ini menjadi favorit masyarakat desa2 terpencil.. para pemburu berburu hewan repti seperti katak, biawak, tokek, kura2, buaya, dan sejenisnya. lalu dijual ke pengrajin untuk diolah kulitnya menjadi aneka kerajinan seperti tas, ikat pinggang, dompet, dsb.. kadang2 dagingnya juga bisa dijadikan pengganan dan onat tradisional.. di Aceh, jangan harap masyarakat Aceh mau melakukan ini, pekerjaan ini sangat tidak berkelas, kotor, dan berbahaya. orang Aceh sukanya yang bersih2. duduk diblakang meja diruangan ber AC, dengan baju seragam dan mobil dinas. blablabla..



      5. Pedagang Asongan

Saya perhatikan kebanyakan abang2 yang berjualan dipinggir jalan di lampu merah, kebanyakan berkebangsaan Jawa. belum pernah saya lihat Orang Aceh disitu.. mungkin karena pekerjaannya kurang bergengsi, kan udh saya bilang orang Aceh itu sukanya yang bersih2.. diruangan ber AC, mobil dinas, bla bla bla..



Demikianlah tulisan saya tentang 5 usaha yang digemari dan kurang digemari di Aceh versi saya.. semoga menambah wawasan kita semua.. mUuChI3 eAa uDh MaO bHacHaAa.... ;) (alay detected)



     


10 komentar:

  1. hm... kebanyakan suka makan dan minum plus main.... sayang bukunya gk da yg mo baca.

    BalasHapus
  2. SAYA IBU RISKA INGIN BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?
    SAYA IBU RISKA INGIN BERT ERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?

    BalasHapus
  3. SAYA IBU RISKA INGIN BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?
    SAYA IBU RISKA INGIN BERT ERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?

    BalasHapus
  4. SAYA IBU RISKA INGIN BERTERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?
    SAYA IBU RISKA INGIN BERT ERIMAKASIH BANYAK KEPADA AKY SUGENG YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,,BERKAT BANTUAN AKY SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DIGADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKY SUGENG YANG MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DISANKA SANGKA TERNYATA BERHASIL.[ ].BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA AKY SUGENG SEPERTI KAMI SILAHKAN HBG 0823=1897=7769 INI KISAH NYATA DARI KAMI.
    ? ? ? ? ? ? ?
    +–+—–++—–
    ++++—–¦¦—-+
    -¦¦¦-¦¦¦+¦-¦¦¦¦¦
    -+++—++¦-++¦-+
    ——-+-+-+-+–
    ? ? ? ? ? ? ?

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT





    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT




    INGIN MERASAKAN KEMENANGAN DI DALAM BERMAIN TOGEL TLP KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB KAMI SUDAH 7X TERBUKTI TRIM’S ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  8. kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKII
    berikan 4 angka alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKII.
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKII. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKII..
    sekali lagi makasih banyak ya AKII… bagi saudara yang suka main togel
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi AKII DEWA,,di no (((085-293-577-799)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 275
    juta, wassalam.


    dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







    Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


    1"Dikejar-kejar hutang

    2"Selaluh kalah dalam bermain togel

    3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


    4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


    5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
    tapi tidak ada satupun yang berhasil..







    Solusi yang tepat jangan anda putus asah....AKII DEWA akan membantu
    anda semua dengan Angka ritwal/GHOIB:
    butuh angka togel 2D 3D 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
    100% jebol
    Apabila ada waktu
    silahkan Hub: AKII DEWA DI NO: (((085-293-577-799)))


    angka GHOIB: singapur 2D/3D/4D/



    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/



    angka GHOIB; malaysia



    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/



    angka GHOIB; laos

    BalasHapus

  9. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk AKI.NAWE kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual KI NAWE meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya KI NAWE lah yang bisa merubah nasib kami..KI NAWE orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 085=218=379=259=AKI NAWE,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

    BalasHapus


  10. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =0823 2289 8427= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

    apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini.?
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togei
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
    Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
    Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Ritual Kami
    Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
    cara kirim pulsa 300 ribu di no:0823 2289 8427
    kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih.

    BalasHapus